Beasiswa Pemerintah Tiongkok

Hai Para pemburu beasiswa,, tetap semangat ya,, 🙂 saya akan share pengalaman berburu saya :D.. lets chek this one out 😉

Terdapat banyak beasiswa pemerintah yang ditawarkan, teman teman bisa dapatkan info soal beasiswa dengan berlangganan di website http://www.beasiswapascasarjana.com, saya sangking excitednya setiap email yang masuk,, langsung saya lihat syarat dokumennya, dan saya coba. atau teman teman bisa  googling dengan sebutan nama beasiswa seperti  LPSDM (Pemerintah aceh ), LPDP (pemerintah melalui kemkeu indonesia), ADS (pemerintah Australia), KGSP (pemerintah korea) dan CSC/CGS( Pemerintah Cina/Tiongkok), turkey scholarship (pemerintah turki) masukkan keyword nama beasiswa tersebut teman teman akan temukan informasinya :), keenam jenis beasiswa tersebut sudah pernah saya coba dan buru, masih banyak jenis beasiswa lainnya yang belum saya coba seperti beasiswa dari brubei darussalam, taiwan dll. Semua beasiswa itu saya coba ketika telah menyelesaikan s1 saya di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

secara umum ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk apply beasiswa S2 di luar negri, seperti Pasport, 2 surat rekomendasi dari profesor di kampus, toefl, ijazah dan transkrip diterjemahan ke dalam bahasa inggris  , motivation letter, study plan.  Keenam jenis dokumen tersebut adalah dokumen secara umum untuk mengajukan beasiswa.

nah…di tahun ketiga setelah kelulusan saya dan telah mengikuti beberapa jenis beasiswa yang tidak bermuara beberapa beasiswa yang saya coba tersebut, akhirnya agustus 2017 saya pun lulus di beasiswa Pemerintah Tiongkok yaitu China Government Scholarship (CGS) atau China Scholarship Counsil (CSC), beasiswa penuh ini diberikan oleh pemerintah china melalui Kampus Central China Normal University Provinsi Hubei, Wuhan yang saya apply.,

Pada blog ini saya khusus akan berbagi pengalaman saya dalam mengajukan beasiswa dari pemerintah china sampai ketibaan saya di Kampus Central China Normal University, Wuhan, China. Seperti yang saya jelaskan di atas, dokument yang dipersiapkan ada 6 jenis secara umum, sedangkan untuk beasiswa yang saya dapatkan yaitu beasiswa yang bernama CGS/CSC ada 10 jenis dokument, berikut dokument yang di persiapkan :

  1. Pasport

Pembuatan paspor di kantor imigrasi

  1. Dua surat Rekomendasi dari profesor di kampus sarjana

Anda bisa membuat background anda dan kemampuan anda ketika kuliah sebanyak 4 paragraf atau satu halaman, lalu minta pendapat profesor anda tentang anda dan merekomendasi anda untuk kuliah di china, kemudian profesor membubukan tanda tangannya.

  1. Motivation Letter

Berisi tentang background pendidikan anda dan motivasi anda dengan pendidikan (bisa mencari referensi di bloger tentang motivasi mereka dalam melanjutkan pendidikan master di luar negeri)

  1. Study Plan

Rencana study anda, jika linier dengan jurusan sarjana sampaikan isi skripsi anda dan lanjutan penelitian yang ingin anda lakukan, rencana penelitian dan kontribusi anda setelah anda lulus dari master.

  1. Transkrip (terjemahan english)
  2. Ijazah (terjemahan english)

Ijazah dan transkrip bisa diterjemahkan di lab bahasa kampus anda.

  1. Medical Chek up

Untuk apply ke beasiswa pemerintah china, harus mendownload form physical examination (ketik di google “physical examination”), form tersebut di bawa ke rumah sakit untuk d isi dokter. medical chekup wajib di lakukan di rumah sakit pemerintah, di aceh sendiri bisa di lakukan di RSZA banda aceh biaya yang dihabiskan sebesar Rp. 900.000-, saya sendiri melakukan medchek di rumah sakit cut mutia lhokseumawe, total biaya  Rp. 600.000-, setelah di isi dokter dicopy sebanyak 10 ex kemudian di stempel.

  1. Formulir CSC (china Scholarship Counsil)

sebelum mengisi form, searching dulu kampus yang ingin anda tuju, cari jurusan anda, verifikasi bahwa kampus tersebut adalah di bawah beasiswa CSC atau CSG, untuk mengetahui hal tersebut, http://www.csc.edu.cn/studyinchina/indexen.aspx ini website resminya. (Update: 2018 ada yng nanya2 web study in china di buka gk ke detect lgi, jdi saya cba searching, ada web org ini https://www.cscscholarship.org/semoga bisa membantu ) Dstu bisa di baca2 dan di lihat keterangan setiap kampus, dan lebih baikknya lagi setelah menemukan kampusnya, lihat website resmi kampus tersebut, jika sudah yakin untuk masuk kekampus tersebut, teman-teman bisa registrasi pada kampus tersebut secara online. Langkah selanjutnya pengisian Form untuk beasiswa csc bias di lihat di halaman csc atau di dapat di website http://laihua.csc.edu.cn/#/login isi form dan submit dan cetak (print out) pastikan isi form adalah benar.  Untuk pengisian form, siapkan ijazah karna data akan di masukkan,

  1. Semua berkas di buat sebanyak 4 exemplar, 3 exemplar dikirim ke kampus pilihan ( pada form di berikan 3 kolom untuk mengisi pilihan kampus), atau anda memiliki teman atau langsung kirim lewat pos ke kampus tujuan, 1 examplar lagi di kirim ke kedutaan, jika anda ingin langsung ke kedutaan tentu bisa, banyak mereka yang mengapply lagsung kedutaan. tidak harus mengirim pos ke kampus di china.  Kedutaan menerima berkas setiap 10 atau 15 maret setiap tahun, jika anda mengapply ke kampus di kirim sejak awal bulan februari jika kampus menerima mereka memberikan Loa (diterimanya anda) dan LOA tersebut dimasukkan menjadi berkas tambahan yang dikirim kekedutaan pada bulan maret. Jika anda tidak mendapat Loa , berkas tetap bisa dikirim ke kedutaan awal maret.
  2. TOEFL

Untuk beasiswa menuju negeri panda, toefl tidak menjadi patokan, toefl hanya menjadi pertimbangan anda di terima beasiswa untuk menjadi penerima beasiswa kelas international atau anda di berikan beasiswa yang harus mengikuti kelas preparatory (persiapan bahasa mandarin) sehingga anda harus belajar mandarin selama setahun kemudian dilanjutkan dengan kuliah anda. saya sendiri memasukkan toefl sehingga alhamdulillah master saya hanya 2 tahun dengan pengantar bahasa inggris, tanpa preparator, jika berkeinginan belajar bahasa mandarin keberuntungan jika mendapat beasiswa dengan preparatory mandarin (sekarang saya sudah menikah, jadinya bersyukur cuma dua tahun 😦 curcol :D).

Saya memperiapkan itu sejak tahun 2013, mungkin persiapan saya terlalu lambat sehingga saya selesai mempersiapkannya tahun 2014, kemudian di tahun 2015 saya mengajukan beasiswa untuk belajar di tahun 2016, saya tidak menerima email bahwa saya lulus, saya mengajukannya bersama teman saya, dan teman saya lulus di kampus Centra China Normal University di Wuhan China, tahun berikutnya saya mengapply lagi, dan Alhamdulillah saya mendapat email penerima beasiswa CGS (China Government Scholarship) kelas international selama 2 tahun di universitas yang sama dengan teman saya yaitu di Central China Normal University. saya lulus dengan kebijakan pemerintah china dan kampus  sehingga berkas JW201 dan Admission Letter di kirim lgsung ke alamat rumah. Ada teman teman saya yang lulus oleh kebijakan kedutaan mereka harus mengambil JW201 dan Admission Letter ke kedutaan China  di Jakarta, berkas tersebut bisa kita minta tolong ambilkan jika ada rekanan di Jakarta, jika yang jauh dari Jakarta. Jika sudah mendapatkan JW201 dan Admission Letter (kedua berkas ini adalah kontrak  bahwa kita telah menerima beasiswa)

selanjutnya pembuatan visa belajar di china, pembuatan visa bisa di lakukan di china visa center, kantornya ada di the east kuningan Jakarta ada juga di medan, untuk syaratnya yaitu form pembuatan Visa, JW201 dan admission letter, passport, photo ukuran 3,3 * 4,8 mm dan uang Rp. 540.000 untuk pembuatan visa dengan 4 hari kerja, adapun pembuatan kilat dgan tariff berbeda. Jika ingin buat di medan, china visa center meminta tambahan medical chekup sebagai syarat pembuatan visa, sedangkan di Jakarta medchek tidak menjad syarat pembuatan visa, krna medchek saya sudah expired, saya membuatnya di Jakarta, :D. kalau visa udah selesai, pesan tiket deh, saya tidak pesan direct, biar lebih hemat, karena beasiswa tidak menanggung biaya transportasi, untuk master beasiswa di berikan 3000 yuan (Rp. 6.000.000)setiap bulannya, jadi semua keperluan dari uang tersebut. saya pesan tiket dari Banda Aceh – Kuala lumpur di pagi hari, kemudian menunggu sore hari pukul 5 sore berangkat Kuala Lumpur – Wuhan.

ketika dinyatakan lulus melalui email, teman teman yang lulus gercep( gerak cepat) mereka lagsung buat group whatsap, sehingga saling berkomunikasi untuk keberangkatan bersama-sama. dan saya berangkat bersama teman aceh dan juga dari pulau jawa, kami juga didampingi oleh senior (yang sudah lulus tahun lalu dan mereka balik ke wuhan usai libur). jadi kita gak linglung sampai bandara wuhan, d bandara wuhan kampus juga menyediakan voulenteir untuk pemjemputan mahasiswa baru makin nyaman setiba di wuhan.

kloter kami 🙂 (yang bawa bayi sepupu saya di KL) yang jadi guide keberangkatan ada Ros, Hanif Hasbalah dan Fauzan (senior) 🙂 😉IMG-20170905-WA0060

demikian pengalaman yang bias saya bagikan, semoga bermanfaat. 🙂

51 thoughts on “Beasiswa Pemerintah Tiongkok

  1. Adi

    Maaf mba, saya berencana daftar CSC untuk tahun 2018.
    Universitas2 yang saya kirim berkas secara langsung berbeda dengan universitas2 yg saya pilih di application form category A (embassy track). Misalkan di aplikasi kedubes saya memilih WUT, CNU dan XU, tapi universitas yg saya kirim berkas dengan application form category B (university track) yakni NPU dan JU. Kalau kasusnya seperti ini diperbolehkan mba?

    terima kasih mba

    1. boleh mas… krna masing2 category ada kuota nya,, ntr yang mana lulus,, secara online udah masuk ke embassy,, seperti saya lulus category B.. semoga lulus mas,, sampai ketemu di wuhan,, kalau lulusnya di WUT 🙂 🙂

  2. Usmari Dhumroh

    Mba mau tanya, Saya kan sudah dapat LoA dari BLCU Beijing, Saya mau apply yang beasiswa CGS with Chineese University Program Scholarship, apakah harus kirim berkas ke Univ.nya, atau cukup dari CGS online saja. Terima Kasih

    1. pengalaman saya,, setelah saya mendapat LoA,, saya kirim ke kedutaan dan ke universitas,, karna mereka memiliki kuota untuk menerima mahasiswa,, kalau ada program lainnya lagi,, menurut saya,, mas kirim saja lagi,, bisa jadi peluang lagi,, krna pun mereka saling terkoneksi,, jika kita sudah di terima di salah satu beasiswa,, seperti saya sudah di terima di kuota universitas,, pihak kedutaan sudah mengetahui hal tersebut. jadi tidak akan terjadi double approve. ohya,, mas bisa follow instagram PPIT dan youtubenya.. sering ada streaming dan talkshow beasiswa di tiongkok ya,, instagrammnya jga sering ada live talkshow 🙂 semoga bermanfaat dan sukses untuk berkasnya 🙂

  3. Rizqa Uswah

    Assalamualaikum kak eka, saya Rizqa asal banda aceh jg. Alhamdulillah saya lewat beasiswa china tahun ini. Skrg sdg menunggu pengumuman kelulusan kampus melalui kedubes. Boleh minta wa nya kak? Saya mau tanya2 utk persiapan keberangkatan InsyaAllah akhir agustus nnti. Terima kasih kak eka 🙂

    1. Wa’alaikumsalam Rizqa,, Alhamdulillah,, selamat yaaa,, knpa nunggu pengumuman lagi,, oh iya Alhamdulillah pengumumannya cepat ya,, biasanya bulan Agustus,, Alhamdulillah kalau begitu 😊😊WhatsApp susah x dek,, Add wechat ya,, ini wechat kami yaa eka_saputri20,, 😊😊

      1. Heheh nyampek sini udah harus pakek wechat,, soalnya yng lain di blokir sama China,, line jga gk bisa download dsni,, pas di Indo kmaren lupa download line,, Fb Eka Saputri dp nya jilbab putih baju biru 🙂

  4. Dedy Lucky

    Maaf mba, saya berencana ikut program CGS 2019. sekarang baru tahap penyiapan dokumen-dokumen. Nah mbak itu harus daftar secara online saja? atau harus kirim berkas juga ke kedutaan? kekampus juga? atau lebih baik semuanya? terimakasih..

  5. Wirda

    Assalamualaikum kak, saya dr banda aceh jg. Mau nanya2 mengenai beasiswa china. Saya sudah add wechat kk, mohon diterima ya kak. Wassalam

  6. Ahmad Syifa

    Mba Eka, saya Ahmad Syifa, mau tanya2 tentang study di China, saya sdh add WeChat mba Eka, mohon diterima juga mba Eka, saya dari Tangsel Banten

  7. Sandrina

    Halo mbak saya mau tanya waktu mbak Eka dulu apply toeflnya berapa ya? Kalau toefl ibt hanya 80 apa bisa lolos? Dan kalau saya apply di kampus2 di shanghai atau zhejiang apa masih ada kemungkinan untuk diterima?

  8. Anonn

    Halo kak eka maaf mengganggu sebelumnya,aku george ,aku punya beberapa hal ingin ditanyakan mengenai CSC,kiranya pengalaman kakak dapat membantu,BTW aku udah add wechatnya

  9. Halo mbak, saya mau nnya nih, untuk CGS sendiri dibuka program Non-Degree gak mba?
    Saya kebetulan masih Undergraduate student di Jakarta, dan tertarik untuk ikut CGS, tetapi di websitenya tidak dijabarkan lebih detail terkait Non-degree, lebih dijabarkan tntng s-1, s-2 dan s-3. Mohon arahan dan bantuannya ya mba. Terimakasih.

  10. Hanifa MJ

    Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh mba Eka.. saya mau tanya kalau sudah menikah apa bisa daftar program beasiswa untuk master degree?

  11. Azkiyyatun Nufus Azzahra

    kak, saya berenana mau ngambil cgs 2019. tapi, katanya kita gak boleh milih univ dulu, yg nentuin pihak sananya. itu bener gak sih kak ?
    btw, saya ambil undergraduate

      1. Kuota univ cba cek di web unive nya, kalau di tulis, kalau gk di cantumkan berarti di rahasiakan 😅, kalau kuotan embassy ada di link yng saya kirim di koment, cba di baca

  12. kak mau nanya, jadi ini saya posisi sudah di china untuk preparing HSK 4 di weifang, shandong. saya kesini pakai jasa agen untuk program D3 (1 thn bahasa + 2 thn kuliah) tapi setelah ini saya ingin coba daftar beasiswa csc/cgs untuk S1.. karena persyaratan untuk saya bisa lanjut D3 hrs bisa lulus HSK 4.

    jadi jika kemungkinan terburuk saya tidak lulus HSK 4 saya ingin coba daftar beasiswa lain tanpa perantara agen, tapi saya tidak tahu info apapun mengenai beasiswa ini. jadi mungkin bisa dijelaskan bagaimana prosedur dan alur nya jika saya daftar disini (china)

      1. tapi itu kan yg lewat jalur kedutaan ya kak.. aku sekarang posisinya udh di china kak jd pake jalur yg langsung daftar ke unnivnya, nahh masalahnya aku gatau gmn2 nya. bisa minta wechat nya ga kak? terima kasih

  13. Makki

    Assalamualaikum kak, saya berencana apply csc buat tahun 2019, dan saya liat di web kedutaan ada syarat surat pra-penerimaan dari kampus yg kita tuju juga harus di submit, jika tidak ada maka tidak bisa dilanjtkan, dan saya kurang mengerti untuk surat pra-penerimaan tersebut, mohon dijelaskn kak, terimakasih, wassalam-

    1. Wa’alaikumsalam , pre admission notice (loa) surat dari universitas yng kamu tuju, kamu bisa mendapatkan surat itu dgan menghubungi rekan indonesia dsna atau cba lgsung email ke universitas nya lgsung. Tpi pre admission ini bukan aplikasi HARUS, tanpa pun kamu masih bisa tpi tidak menjadi prioritas, tpi ada kmungkinan lulus jga jika kuota masih ada. Jdi pre admission itu jdi pertimbangan, bukan tidak di lanjutkan,

    2. 9)Applicants with Pre-admission Letter from designated universities should enclose the letter in the application package.

      Note: The Pre-admission Letter from a Chinese university is not a necessary application material. Applications enclosed with the Pre-admission Letter will be sent directly to the host universities for placement confirmation. Applications without the Pre-admission Letter will be sent to universities to go through admission procedure. For applicants without the Pre-admission Letter, Chinese Scholarship Council cannot assure the host university will be one of the preferences of institution, since the capacity of the universities and the eligibility of the applicants will also be considered.

  14. Ruri

    Selamat sore ka, ka punten saya lagi persiapan berkas buat apply csc. Ka apakah kita harus punya supervisor dulu untuk apply beasiswa ini atau tidak? Dan saya baca di website kedubes china kita harus menghubungi pihak universitas yang kita tuju, itu maksudnya gimana ya ka? Terimakasih

    1. Maksud kedubes kita mendapat loa (letters of admission ) dari universitas,, kamu bisa hubungi ke web universitas yng kamu tuju untuk meminta loa, setelah kamu mendapat loa kmu lampirkan sebagai berkas tmbahan untuk apply ke kedubes, sesaya paham baca di syarat kedubes, loa adalah berkas pertimbangan, bukan Wajib ada, gak ada pun masih bisa dftar, tpi kalau kamu punya loa itu akan menjadi pertimbangan untuk lulus

  15. Halo kak, saya mau nanya nih. Sekarang saya kan di posisi SMA kelas 11 (sekarang semester 2), apakah saya harusnya apply untuk CGS 2019/2020 atau menunggu untuk CGS 2020/2021. Apakah kalau saya ngambil yang CGS 19/20 (tahun ini) saya akan kuliah juga pada tahun ini? Atau pada tahun depan? Terima kasih kak. Mohon jawabannya kak 🙏🏻

    1. Kalau melanjutkan s1 sya kurang paham, kalau menurut saya lihat syaratnya, apa kamu memeliki lgkap , kalau sudah lgkap lgsung apply, tahun ini deadlinenya 22 maret 2019

    2. Fe

      Halo kak, saya sekarang sudah semestwr 8 (S1) dan rencananya mau ambil S1 lagi di jurusan yang berbeda, saya sempat bertanya ke pihak lain perihal beasiswa dr pemerintah china, apa benar harus bayar uang pangkal nya $30000-$35000 kak? Terima kasih.

  16. Christin Eunike

    Halo kak saat ini saya sedang apply CSC Type A (6 uni) dan CSC Type B (3 uni dr Type A). Saya baru mendapatkan pre-admission letter dr salah satu universitas namun berkas embassy telah saya kirimkan terlebih dahulu. Gimana ya kak apa pre-admissionnya bisa menyusul?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s